Dianraditya's Blog











{December 31, 2010}   Masalah

Apa yang kita rasakan ketika kita mendapatkan sebuah masalah, ya…masalah. Karena setiap manusia pasti mempunyai masalah, tidak ada satupun makhluk Allah di muka bumi ini yang tidak mempunyai masalah. Ayam saja yang mungkin sering kita santap bisa merasakan stress karena masalah, tapi jangan lantas kita bayangkan masalah ayam sama dengan masalah manusia.

Namun demikian, bagaimana kita menghadapi setiap permasalahan itu. Adakah dari kita yang menganggap suatu masalah itu sebagai sebuah kenikmatan, ataukah malah kita menganggap bahwa masalah yang pelik adalah sebagai sebuah musibah. Ya kebanyakan dari kita adalah menganggap suatu masalah itu adalah sebagai sebuah musibah, hal itu tidak bisa kita pungkiri bahkan saya sendiripun terkadang sering merasakan demikian. Padahal jauh dari situ masalah adalah sebuah kenikmatan, tapi bagaimana bisa masalah yang mendera kita kok di bilang sebagai sebuah kenikmatan?

Bagaimana bisa ketika seseorang ditimpa masalah hutang yang teramat besar adalah sebuah kenikmatan, atau bagaimana bisa ketika kita ditimpa masalah dengan mendapatkan nilai kuliah/sekolah yang teramat jelek itu adalah sebuah kenikmatan, atau bagaimana mungkin ketika kita diputuskan oleh sang pacar adalah sebuah kenikmatan?

Coba kita bayangkan dan sedikit melirik kebelakang, ketika kita didera sakit yang hebat apa yang diucapkan? Ya kita banyak menyebut nama Allah, kita banyak beristigfar karena dengan demikian kita merasa dekat serta kita merasa tentram dengannya. Ketika kita didera hutang yang banyak, maka kita kadang merasa lebih dekat dengan Allah dan porsi meminta kepada Allah lebih intens serta lebih banyak ketimbang hari biasanya, pun demikian ketika kita mendapatkan nilai yang jelek, maka yang terucap pertama kali adalah kata “astagfirullah” karena secara tidak sadar bahwasanya diri ini refleks sadar akan kesalahan serta akan meminta lebih banyak kepada Allah dan juga akan lebih mendekatkan diri kepadaNya. Demikian juga ketika diputuskan pacar, kita akan lebih mendekat lagi kepada Allah serta akan lebih tekun dalam berdo’a bahkan mungkin sambil menangis agar diberikan pasangan yang lebih baik.

Maka tidak salah ketika Ust. Yusuf Mansur menuliskan “Masalah adalah suatu kenikmatan”, karena memang dalam masalah itu kita bisa lebih mendekatkan diri dengan Allah, kita lebih intens menghampiriNya dengan seabrek permintaan, dengan seabrek keluh kesah. Karena memang demikianlah sifat manusia, ia akan ingat Sang Maha Penciptanya kala dihimpit masalah, namun kala lapang kadang malah melupakanNya. Namun demikian maka bersyukurlah kala masalah menghampiri, mungkin Allah sedang sayang kepada kita makanya Allah memberikan masalah itu kepada kita, agar kita ingat kepadaNya.

Ingatlah sahabat bahwasanya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Boleh jadi apa yang kita anggap buruk itu adalah yang terbaik untuk kita, dan boleh jadi apa yang kita anggap baik malah itu adalah hal terburuk untuk kita, karena Allah Maha Tahu dan manusia tidak tahu. Jadi, syukuri ketika masalah itu mendera kita, karena dengannya lah kita bisa lebih merasakan kedekatan dengan Sang Pemilik Solusi, ingatlah bahwa masalah dunia itu sangat kecil dihadapan kita. Yang mesti kita waspadai adalah ketika Allah sudah tidak menyayangi kita lagi, karena ciri-ciri Allah menyayangi kita adalah dengan memberikan cobaan kepada setiap hambaNya agar kita semua terus ingat kepadaNya.

Selamat menikmati setiap masalah, selamat menikmati indahnya kebersamaan denganNya. Semoga Allah senantiasa memberikan solusi pada setiap permasalahan kita semua, semoga Allah senantiasa memberikan rasa syukur yang tak terhingga, semoga Allah senantiasa ridho atas semua yang kita kerjakan. Karena sesungguhnya Allah Maha Tahu atas segala apa yang ada di bumi dan dilangit, serta apa yang ada dalam hati serta lintasan pikiran setiap hambaNya.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: